Mengenal Lebih Dekat Penyebab Jerawat Membandel dan Cara Mengatasinya

cara mengatasi jerawat

Beaute Talk | Sw Project – Jerawat merupakan gangguan kulit umum yang kerap dialami oleh banyak orang baik perempuan maupun laki-laki. Meskipun tampak sepele, tetapi jerawat ini sangat mengganggu penampilan. Tidak hanya itu, bila didiamkan tanpa pengobatan yang tepat, jerawat dapat menjadi parah dan makin sulit diatasi.

Banyak penderita yang tidak mengenali penyebab jerawat yang terjadi pada dirinya. Padahal, dengan mengenali penyebabnya, jerawat dapat dihindari sedini mungkin.

Sebenarnya apa saja penyebab jerawat, mari kita kenali lebih dekat untuk segera diatasi secara tuntas.

A. Penyebab Jerawat

Penyebab terbanyak jerawat sebenarnya berasal dari keseharian yakni makanan dan gaya hidup. Namun, perlu diingat bahwa makanan saja tidak dapat menyebabkan dan mengobati jerawat.

Makanan berikut dapat memengaruhi jerawat antara lain:

– Cokelat

Cokelat kerap dianggap sebagai penyebab jerawat yang kecil-kecil atau beruntusan. Bila masih menyukai cokelat, pilihkan jenis dark chocolate, dengan susu dan gula yang sedikit saja.

– Makanan tinggi serat

Orang yang mengonsumsi serat terlalu banyak juga dilaporkan kondisi jerawatnya memburuk. Meski belum diketahui penyebab persisnya, pilihan paling tepat untuk diet sehari-hari memang menjaga porsi makanan yang tidak berlebih.

– Kacang-kacangan

Orang yang berjerawat biasanya tidak banyak mengonsumsi antioksidan seperti vitamin E dan selenium. Padahal sumber makanan vitamin E dan selenium terdapat di dalam kacang-kacangan seperti almon dan kacang tanah. Antioksidan berguna untuk mencaegah peradangan. Dengan porsi yang cukup mengonsumsi kacang-kacangan cukup membantu mengurangi jerawat.

– Fast food

Jerawat sering dianggap ‘kawan baik’ dari fast food. Makanan seperti burger, nuggets, kentang goreng, soda, dan milkshake merupakan daftar makanan yang dituding kerap membuat kondisi jerawat makin parah.

– Susu dan produk susu

Makin banyak susu dan produknya yang dikonsumsi, akan makin parah kondisi jerawat yang ada. Terutama kalau jenis susu yang dikonsumsi adalah susu skim. Hormon dari sapi betina yang terkandung di dalam susu dianggap memperparah kondisi jerawat.

– Makanan tinggi gula

Jerawat berpotensi timbul bila dalam diet terdapat banyak gula. Minuman soda, roti, nasi putih, dan cake merupakn jenis penganan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat. Jenis makanan ini akan meningkatkan indeks glikemik. Saat tubuh tidak memproduksi inslin yang adekuat untuk menurunkan kadar gula, hal ini memengaruhi produksi minyak di kulit yang dapat menyebabkan jerawat.

– Gorengan

Gorengan memang cocok dijadikan kudapan sehari-hari. Rasanya, gorengan ini memang jenis makanan yang dapat dimakan kapan saja. Namun, jenis makanan yang digoreng dan berminyak kerap dianggap sebagai penyebab jerawat.

– Makanan sumber alergi

Beberapa orang mempunyai alergi yang disebabkan oleh makanan. Jerawat dapat menjadi salah satu bentuk alergi tersebut. Menghindari bahan dan jenis makanan yang dapat merangsang alergi adalah tindakan yang bijak.

Segala jenis makanan memang tidak baik untuk kesehatan secara umum bila dikonsumsi secara berlebih. Oleh karena itu, diet paling tepat yang dapat dipilih adalah mengatur dan mengukur berbagai jenis makanan secara seimbang dan tidak berlebih.

B. Cara Mengatasi Jerawat

Selain menjaga asupan makanan, menjaga kebersihan kulit juga sangat penting. Dengan kulit yang bersih, kotoran tidak sempat menumpuk dan berkembang menjadi jerawat.

Cara terbaik untuk mengatasi jerawat adalah dengan mengenali jenis jerawatnya terlebih dahulu. Tipe jerawat yang umum adalah

  • Komedo atau blackhead
  • Jerawat yang meradang
  • Jerawat batu

Meskipun ada beberapa jenis tipe jerawat, penyebab awal jerawat adalah adanya kotoran yang terjebak di dalam pori-pori dan menimbulkan peradangan. Kulit dan pori-pori yang kotor berpotensi mengundang terjadinya komedo dan kemudian berkembang menjadi jerawat.

Berikut ini adalah langkah mudah yang dapat dilakukan di rumah untuk mengatasi jerawat:

1. Gaya hidup sehat

Gaya hidup memilik pengaruh yang besar untuk terjadinya jerawat. Selain pola makan yang tidak baik, pola tidur juga menjadi penyebab terjadinya jerawat. Tidur yang kurang dan kebersihan kulit yang buruk menjadi faktor penting terjadinya jerawat. Memperbaiki gaya hidup merupakan langkah pertama untuk mengatasi jerawat.

2. Cuci muka yang rajin dengan sabun

Cuci muka dengan sabun merupakan langkah tepat untuk mengatasi jerawat. Dengan menggunakan sabun cuci muka yang sesuai dengan kondisi kulit, jerawat akan mudah untuk dihilangkan. Secara rutin pori-pori juga harus dibersihkan secara mendalam dan seksama.

3. Diobati sesuai dengan kondisinya

Langkah ketiga ada memberikan obat pada jerawat yang membandel. Tanpa obat yang tepat, jerawat tidak dapat segera sembuh, sebaliknya justru dapat meninggalkan noda bekas jerawat yang tidak mudah hilang. Di pasaran sudah terdapat banyak jenis obat jerawat yang dapat dipilih. Namun, pengobatan yang tidak tepat juga tidak akan membuat jerawat lekas hengkang. 

Jerawat, meskipun tampak sederhana, bila dikenali jenisnya dengan tepat, pengobatan yang diberikan juga akan bagus hasilnya. Kesalahan memilih obat jerawat yang tidak sesuai dengan penyebabnya inilah yang tidak memberikan hasil maksimal dalam proses penyembuhannya. Dokter di Gloskin akan dengan senang hati mengidentifikasi jenis jerawat dan memberikan pengobatan yang paling sesuai.

Kesimpulan

Jerawat memang tampak masalah yang biasa terjadi, tetapi sangat mengganggu. Dengan menjaga kebersihan kulit, mengatur gaya hidup dengan baik serta pengobatan yang tepat, gangguan jerawat pasti dapat diatasi dengan baik dan tuntas.

Salam,
swproject.my.id

Tinggalkan komentar