Masalah Kulit Wajah yang Kerap Dialami Wanita, Apa Saja?

masalah pada kulit wajah

Beaute Talk | SW Project –  Sekitar satu tahun terakhir ini aku benar-benar baru memperhatikan kulitku. Padahal tahun 2015-2017 aku cukup sering mondar mandir klinik kecantikan untuk perawatan. Tapi setelah pulang dari Singapore dan skincare aku di buang oleh petugas aku jadi malas. Akhirnya aku sering mengalami masalah pada kulit wajah.

Skincare yang Terjebak di Bandara Changi, Singapore

Tahun 2017 aku ke Singapore. Saat itu aku membawa sabun cuci muka berisi 100ml dan sisa separo. Ternyata nggak boleh bawa liquid dengan ukuran lebih dari 100ml. Eh tapi itukan cuma separo dan nggak lebih dari 100ml. 

Sejujurnya yang bikin aku sakit hati saat itu adalah cara meraka memperlakukan si sabun. Habis di ambil langsung dilempar. Yap dibuang gitu. Ya Allah. Sakit hati banget gitu rasanya. 

Entah aku masih sakit hati atau gimana, setelah itu aku kaya males gitu merawat wajah jadinya. Ke klinik kecantikan buat beli sabun muka lagi juga males. Ah sedih kalau ingat. 

Tapi lebih sedih lagi sekarang sih. Karena aku abai dalam merawat wajah, akhirnya mulai deh muncul masalah pada kulit wajah. Mungkin diantara kalian ada yang sering mengalaminya. 

1# Masalah Kulit Kusam 

Aku dan banyak wanita di luar sana mungkin punya masalah kulit yang satu ini. Masalah kulit kusam dapat terjadi karena seringnya kulit terpapar sinar matahari, debu, dan polusi. 

Kenapa kulit kusam mengganggu? Saat muncul masalah kulit kusam, maka dapat dipastikan bahwa kulit kita terlihat lebih gelap dan tidak terawat. 

Salah satu cara untuk mengatasi kulit kusam ialah dengan mengoleskan minyak zaitun sebelum tidur malam. Minyak zaitun bermanfaat untuk menghidrasi kulit tanpa meninggalkan residu. 

2# Jerawat 

Sewaktu masih remaja aku sering mendapat bisikan bahwa jerawat hanyalah masalah dan tanda pubertas. Tapi ternyata ada beberapa teman yang hingga lepas masa kuliah dan sudah bekerja masih mengalami masalah jerawat.

Jerawat atau acne adalah suatu kondisi pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih. 

Bagaimana jerawat bisa terjadi? Jerawat terjadi karena folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambu tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan penyumbatan dan peradangan pori-pori. 

Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil di atas kulit yang kadang berisi nanah. Jerawat dapat tumbuh pada area yang terdapat kelenjar minyak terbanyak seperti di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung. Bahkan aku sering berjerawat di kepala. Pas kegaruk sakit dong. 

Jika kalian punya masalah minyak berlebih, ada baiknya kalian rajin mengganti sarung bantal, rajin mencuci alat make up, dan jika masalah jerawat kalian tidak kunjung usai ada baiknya kalian mengunjungi klinik kecantikan terdekat.

3# Hiperpigmentasi atau Flek

Kemarin saat aku ke klinik ke cantikan, ternyata dokter ahli kencantikannya bilang : kak kulit kamu mulai ada dark spot ya. Pas aku benar-benar perhatikan memang mulai ada flek kecil gitu di pipi. 

Dark spot atau flek atau hirperpigmentasi adalah kondisi kerusakan pada kulit yang ditandai dengan munculnya bintik-bintik gelap. Pernah dengar bahwa flek adalah tanda penuaan? Ternyata flek tidak ada hubungannya dengan usia. 

Flek pada wajah dapat terjadi kerena penumpukan zat melanin. Normalnya zat melanin ini memang berperan dalam pembentukan warna pigmen kulit. Akan tetapi saat produksinya berlebih maka akan memunculkan bercak gelap pada kulit. 

Hiperpigmentasi juga dapat terjadi karena inflamasi kulit. Inflamasi kulit inilah yang menimbulkan warna gelap pada bekas kulit yang terluka atau yang mengalami peradangan. Beberapa penyebabnya adalah paparan sinar matahari, hormon saat hamil, dan masih banyak lagi.

Jika flek masih anteng, kalian bisa mengatasi masalah wajah ini dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi berfungsi untuk mempercepat pergantian sel kulit. Jika masalah flek sudah membandel, kalian harus segera ke klinik kecantikan. Untuk masalah flek berat biasanya akan diselesaikan dengan teknik penyinaran secara bertahap. 

Kesimpulan

Menarik sekali ya kalau membicarakan masalah kulit wajah. Apalagi saat ini menemukan informasi sudah cukup gampang. 

Oh iya semua dokter ahli kecantikan yang pernah aku temui memberikan wejangan : 

Kamu mau pakai skincare termahal tapi kalau nggak konsisten nggak akan ada pengaruhnya. Oh iya INGAT SELALU MENGGUNAKAN TABIR SURYA (SUN SCREEN). Karena masalah kulit kita pada dasarnya berasal dari paparan sinar matahari. Jadi jangan malas pakai sun screen ya. 

Salam,
SW Project

Tinggalkan komentar